| 2 comments ]

Untuk mempunyai akses ke internet, kita harus tersambung melalui penyedia layanan internet atau yang lebih dikenal dengan ISP (internet services provider) seperti IM2, Lintas Arta, CBN dan lain-lain. Ada banyak ISP di Indonesia, baik yang sudah mempunyai legalitas dari POSTEL atau belum. Daftar ISP yang telah menjadi anggota APJII (Assosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia) selengkapnya dapat dilihat di sini.

Ada beberapa faktor yang patut dipertimbangkan sebelum memilih ISP yang sesuai yaitu antara lain:

Tipe dan Jenis Koneksi
Sebelum kita memilih ISP, kita harus menentukan dahulu tipe dan jenis yang kita inginkan. Tipe koneksi ada beberapa macam seperti personal, office atau jenis tipe lainnya dan jenis koneksinya pun berbeda-beda seperti Wireless, leased channel, jaringan telpon PSTN, atau VSAT. Ini semuanya tergantung kebutuhan kita. Kalau hanya untuk koneksi di rumah, kita cukup memilih tipe personal dengan jenis koneksi wireless atau jaringan telpon.

Harga dan Perbandingannya dengan Kualitas Layanan
Biaya yang ditawarkan ISP bermacam-macam. Ada biaya tetap per bulan dengan koneksi limited atau unlimited ataupun per tahun. Yang lain menawarkan tarif per jam atau per kilobyte jumlah data yang ditransfer. Ini tergantung intesitas pemakaian kita. Kalau intensitas pemakaian kita selalu download maka lebih baik memilih tarif per jam dan bila hanya sekedar browsing atau membaca email kita sepatutnya memilih tarif per kilobyte. Atau kita memilih biaya tetap per bulan dengan koneksi unlimited untuk keleluasaan dalam berinternet ria. Yang patut diperhatikan juga adalah kualitas layanan dan apakah biaya itu sepadan dengan apa yang kita dapatkan. Pada intinya adalah bandwidth tidaklah gratis. Semakin besar bandwidth yang diberikan semakin mahal pula harganya.

Dukungan dan Jaminan
Kalau kita memilih menjadi pelanggan tetap sebuah ISP, bagaimana jaminan yang dapat diberikannya? ISP biasanya memberikan jaminan yang disebut CIR (Customers Interconnect Rate) yaitu jaminan dari ISP untuk lebar jalur yang digunakan oleh pelanggan ke internet. Biasanya ISP akan memberikan jaminan CIR 1:1 untuk pelanggan yang menyewa bandwidth Dedicated Connections sehingga bandwidth yang kita sewa tetap. Koneksi dedicated berbeda dengan koneksi broadband, koneksi broadband atau shared conections biasanya besarnya 384 kbps yang akan dibagi untuk antara 20-30 pelanggan. Selain itu, dukungan teknis yang mereka berikan terhadap pelanggannya harus diperhatikan. Carilah ISP yang membantu kita dari awal instalasi sampai terkoneksi ke internet dan juga mempunyai layanan pelanggan yang siap 24 jam apabila kita menghadapai masalah di koneksi.

Feature dan Layanan Lainnya
Konektivitas internet membutuhkan administrasi, konfigurasi, dan maintenance jaringan yang terus-menerus. ISP biasanya memberikan layanan ini. Untuk pengguna dial-up, tanyakan apakah ada fasilitas account email yang beratas nama pelanggan, dengan ruang mail spool yang cukup. Untuk pengguna direct access, tanyakan apakah ISP tersebut menawarkan registrasi pengenal jaringan seperti nama domain dan alamat IP Internet. Selain itu biasanya terdapat layanan lokal seperti VoIP, radio broadcasting, download files, dan sebagainya yang merupakan nilai tambah yang harus kita perhatikan.

Kepuasan Pelanggan
Yang juga perlu dilakukan adalah melakukan survey pada konsumen lain yang telah menggunakan layanan ISP tersebut. Dengan banyak bertanya ataupun membaca testimonial di forum ataupun mailing list tentang layanan suatu ISP kita akan lebih banyak mengetahui bagaimana kualitas layanan dari ISP tersebut.

2 comments

Mas Deni mengatakan... @ 1 Maret 2008 pukul 06.36

nice article. sangat membantu menambah pengetahuan saya. terima kasih.

Anonim mengatakan... @ 18 Maret 2008 pukul 18.31

Bila Anda membutuhkan akses internet kecepatan tinggi untuk mendukung aktifitas Anda sehari hari, sudah saatnya Anda mempertimbangkan untuk memanfaatkan layanan dari Broadlink Internet Service Provider (www.broad-link.com).


Broadlink Internet Service Provider memberikan beragam pilihan teknologi akses internet Broadband Anda dengan coverage layanan seluruh Indonesia yang dapat disesuaikan dengan budget dan kebutuhan Anda seperti:

1. Broadlink Wiring Ready: Paket internet Broadband, melalui Fiber Optic yang tersedia di hampir 100 Gedung Perkantoran & Apartment di Jakarta. Paket Hemat dari Broadlink dapat digunakan untuk kecepatan 384 Kbps Rp 750.000/bulan dan 512 Kbps Rp 950.000/bulan. Untuk Paket Dedicated Corporate juga tersedia dengan harga yang sangat competitive.

2. Broadlink ADSL: Akses Internet Broadband melalui jaringan kabel telepon dengan kecepatan 384 Kbps, 50 kali lebih cepat dibandingkan dengan layanan internet melalui teknologi telepon biasa (Dial Up). Tersedia 2 pilihan paket yaitu Unlimited Personal Rp 888.0000/bulan dan Unlimited Corporate Rp 1.490.000/bulan. Coverage layanan Jabotabek, Serang, Cilegon, Karawang, Purwakarta.

3. Broadlink Fixed Wireless – 5.8 Ghz, 3.3 Ghz dan 2.4 Ghz: Teknologi frekwensi 2.4 Ghz memungkinkan pengguna internet mendapatkan akses internet Broadband dengan biaya murah mulai Rp 250.000/bulan. Untuk frekwensi 3.3 dan 5.8 Ghz dikhususkan untuk Paket Dedicated yang cocok untuk Warnet, Corporate, mulai Rp. 1.000.000/bulan. Customer Broadlink akan dipinjamkan perangkat wireless, sehingga tidak perlu investasi. Layanan ini tersedia di seluruh kota besar di seluruh Indonesia.

4. Broadlink Satellite (VSAT): Dengan pemanfaatan satelit resmi pemilik ijin NAP, akses internet dapat digunakan di seluruh Indonesia. Akses broadband tersedia melalui VSAT C Band dengan harga mulai Rp 2.500.000/bulan untuk 256 Kbps.

Mengapa harus pilih Broadlink? Koneksi internet dari Broadlink tersedia Unlimited 24 Jam. Dengan sistem ini customer tidak perlu pusing memikirkan tagihan yang akan berubah-ubah setiap bulannya bila customer berlangganan dengan sistem melalui teknologi Dial Up / Line Telepon. Pembagian internet dari Broadlink diinformasikan secara transparant dan backbone internet terhubung melalui koneksi multi backbone fiber optic & VSAT.

Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai layanan kami, atau Anda bermaksud untuk bekerjasama dengan kami melalui program Freelance, Partnership dan Dealership. Silahkan Anda hubungi kami di info @ broad-link.com ( info at broad-link.com ), website www. broad-link. com, atau hubungi kami di: 021-70645670 dan HP: 08156045678, 0856 91282777

Posting Komentar