| 3 comments ]

Melakukan fax melalui komputer bukanlah barang baru lagi. Aplikasi-aplikasi pendukungnya sudah cukup lama beredar. Salah satunya adalah WinFax yang paling sering digunakan. Dan mungkin banyak diantara kita yang sudah mengenal dan telah memanfaatkan aplikasi ini. Salah satunya di tempat saya bekerja dahulu, dimana WinFax telah menggantikan fungsi mesin fax yang sesungguhnya sehingga meniadakan biaya pembelian mesin fax. Kita pun dapat melakukannya di rumah selama mempunyai komputer dan jaringan telepon.

WinFax adalah software berbasis Windows yang diperuntukkan agar komputer yang dilengkapi dengan modem dial-up yang mendukung fax dapat berkomunikasi secara langsung dengan mesin fax konvensional ataupun komputer lainnya yang dilengkapi dengan modem dan software yang sama. Jadi untuk dapat menggunakan WinFax, kita disyaratkan untuk mempunyai modem dial-up yang mendukung fungsi fax dan jaringan telepon. Umumnya modem yang dijual di pasaran telah memiliki kemampuan ini.

Fitur-fitur aplikasi ini tidaklah kalah dengan mesin fax konvensional. Dengan WinFax, kita tidak hanya dapat mengirim fax tetapi juga menerima fax baik dari dan ke mesin fax, komputer dengan WinFax maupun email. Seperti yang ditulis oleh Bung Vavai, menggunakan WinFax mempunyai beberapa keuntungan dibandingkan menggunakan mesin fax konvensional. Diantaranya adalah kita dapat melakukan fax secara simultan yang dilengkapi dengan fasilitas scheduling, tidak perlu melakukan print-out dokumen yang akan difax, ada fasilitas reporting dan retry secara otomatis, software winfax dapat diotomatiskan (encapsulasi) melalui kolaborasi dengan aplikasi lain, misalnya bahasa pemrograman maupun melalui script, dapat mengirim fax menggunakan email dan fax dapat dilakukan dari komputer di dalam jaringan.

Ada sebagian dari kita yang beranggapan bahwa WinFax dapat digunakan pada semua komputer yang terkoneksi internet. Anggapan itu tidaklah benar. WinFax hanya dapat digunakan pada komputer yang dilengkapi dengan modem dial-up yang mendukung fax dan sebuah line telepon. Untuk dapat mengirim fax melalui internet, kita dapat menggunakan layanan fax berbasis web.

Tutorial Penggunaan WinFax

3 comments

JOKO WIDAYAT mengatakan... @ 22 Februari 2008 11.35

caranya gimana mas supaya bisa fax pakai internet, tolong dibantu. saya masih newbie

Azep mengatakan... @ 14 Oktober 2008 12.49

Boro-boro aku juga lagi nyari, tapi entar kalau aku dapat entar dech aku segera kasih tahu, jangan lupa situ juga kalau dapat cepat kasih tahu aku yach, kita sama-sama bagi ilmu OK.. Salam.

Anonim mengatakan... @ 21 November 2009 00.32

download gratisnya dimana.?????????

Posting Komentar