| 0 comments ]

Menggunakan perangkat mobile untuk browsing internet sudah menjadi tren tersendiri. Tetapi kita terkadang menemui masalah dalam mengakses sebuah situs, situs tersebut tidak tampil dengan baik di perangkat kita atau bahkan memang tidak mendukung versi mobile. Hal ini mendorong lahirnya layanan web proxy yang memungkinkan perangkat mobile untuk mengunjungi situs-situs di internet dalam versi mobile. Proxy ini fungsinya sama seperti proxy pada ISP, hanya saja ia menerjemahkan halaman HTML menjadi halaman yang bisa dibaca dengan baik oleh mobile browser. Salah satu yang memberikan layanan ini adalah PHONifier atau Skweezer.

PHONifier adalah sebuah layanan berbasis web yang ditujukan untuk merombak secara otomatis kode-kode yang tidak diperlukan dari sebuah halaman web. Layanan ini dapat digunakan untuk penjelajahan web dari perangkat mobile atau membuat RSS feeds dapat di akses oleh ponsel atau PDA. Selain itu, kita dapat menginstal script PHONifier di sebuah server yang dapat secara otomatis meng-update halaman web ketika sebuah perangkat mobile mencoba mengaksesnya. Dan semua itu dapat kita gunakan secara gratis.

PHONifier bekerja layaknya seperti sebuah proxy. Dia mengambil halaman yang kita surfing (atau halaman di server dimana kita menginstalnya) dan mengubah kodenya sehingga dapat dibaca dengan baik oleh mobile browser. Caranya sederhana. Kunjungi situsnya, ketik URL yang kita inginkan dan PHONifier akan menampilkan halaman web di ponsel dengan lebih friendly. Contohnya seperti blog ini yang telah di-Phonifier-ized. Kita dapat melihat bagaimana sebuah halaman web telah dirender oleh PHONifier dengan cepat, yang ada hanya teks, link dan gambar dengan tampilan yang minimalis.

Yang saya suka dari PHONifier ini adalah dapat merombak hampir semua situs, selalu tetap bersama kita (misalnya ketika kita mengklik link pada halaman yang telah
di-Phonifier-ized, halaman webnya tetap dalam kondisi tersebut) dan browsing melalui PC ataupun ponsel menjadi lebih cepat.

Portal PHONifier

0 comments

Posting Komentar