| 0 comments ]

Fidel Castro pada 18 November 2010 Castro kini tampaknya berada dalam kesehatan yang baik

Pemimpin Kuba Fidel Castro datang dekat dengan kematian pada tahun 2006, menurut kabel diplomatik rahasia AS terbaru yang diterbitkan oleh Wikileaks.

Castro hampir mati setelah karena menderita usus berlubang dalam penerbangan keluar negeri, sumber-sumber yang tak disebutkan namanya mengatakan kepada diplomat AS di Havana.

Penyakit ini menyebabkan Castro menyerahkan kekuasaannya kepada saudaranya Raul, meskipun ia akan kembali ke kehidupan publik.

kesehatan 84-tahun-tua dianggap sebagai rahasia negara di Kuba.

Kabel Wikileaks, yang diterbitkan oleh surat kabar Spanyol El Pais, mengungkapkan upaya intens yang dilakukan oleh diplomat AS di Havana untuk mengetahui sifat penyakit Fidel Castro dan peluangnya untuk di pulihankan.

Nama-nama sumber-sumber informasi yang dilaporkan dalam kabel telah dihapus oleh Wikileaks, tetapi beberapa tampaknya tahu orang yang dekat dengan pemimpin Kuba, atau memiliki akses ke catatan medis nya.

Rincian dari apa yang mereka katakan tidak bisa diverifikasi secara independen.

Satu kabel, dikirim dalam bulan Maret 2007 oleh kepala-kemudian dari bagian kepentingan AS di Havana, Michael Parmly, mengutip laporan oleh seorang dokter yang tidak disebutkan namanya pada saat Castro jatuh sakit parah pada bulan Juli 2006.

"Dia akan semakin kehilangan kemampuannya dan menjadi lebih lemah sampai dia mati "

Sumber medis yang dikutip pada tahun 2007 bocor melalui kabel AS

"Penyakit ini dimulai pada penerbangan di atas pesawat dari Holguin ke Havana," merupakn laporan kabel rahasia.

Karena itu penerbangan singkat tidak ada dokter di kapal dan mereka harus mendarat segera setelah mereka tahu pendarahan Castro. Dia diagnosa penyakit diverticulitis pada usus besarnya.

Sumber itu mengatakan Castro memiliki perforasi operasi usus besar.

Tapi itu mengatakan dia "capriciously" menolak untuk memiliki kolostomi, dengan hasil yang kondisinya memburuk dari waktu ke waktu dan dia dibutuhkan operasi lebih lanjut.

"Penyakit ini tidak dapat disembuhkan dan tidak akan, dalam pendapatnya, biarkan dia kembali ke Kuba terkemuka," menyimpulkan laporan tersebut.

"Dia tidak akan mati segera, tetapi ia akan semakin kehilangan kemampuannya dan menjadi lebih lemah sampai dia meninggal."

Selanjutnya kabel bocor kutipan sumber lain yang mengatakan Castro telah sakit parah, dan memeriksa laporan oleh tim medis dan obat-obatan spesialis laporan dibawa ke Kuba.
Televisi memberitakan dia masih terlihat minum jus di kediamannya (Fidel Castro), namun 30 Jan 2007 Pictures dirilis pada Januari 2007 menunjukkan Fidel Castro terlihat tipis dan lemah

Namun laporan kematian sudah dekat-Nya telah terbukti tidak berlebihan.

Castro telah sejak membuat pemulihan jelas dan awal tahun ini kembali untuk membuat pidato dan tampil di depan umum, meskipun ia belum mengambil kembali kendali kekuasaan dari saudaranya Raul.

Pemimpin Kuba baru-baru ini memuji mantan Wikileaks dan pendirinya, Julian Assange, mengatakan kebocoran ribuan kabel diplomatik telah membawa Amerika Serikat "secara moral, bertekuk lutut".

"Julian Assange, seorang pria yang beberapa bulan lalu nyaris tak ada orang di dunia telah mendengar, menunjukkan bahwa kerajaan yang paling kuat dalam sejarah bisa menantang," ia menulis dalam sebuah artikel yang diterbitkan oleh media pemerintah Kuba.

Pemerintah AS dan badan-badan intelijen yang telah menjadi musuh setia Castro dan pemerintah komunis di Kuba selama lebih dari setengah abad.

Sejauh ini, semua prediksi mereka atas kematian yang mendekat pemerintahan partai komunis di pulau itu telah terbukti palsu.

0 comments

Posting Komentar