| 0 comments ]

New android 2011-Ingin mengulang kesuksesannya, Android 2.3 Gingerbread kembali hadir dengan wajah dan fitur baru. Berbekal kekuatan fitur yang ada, membuat ponsel-ponsel yang menggunakan sistem operasinya menjadi handal di kelas masing-masing. Yang terbaru dari sistem operasi besutan Google ini, yaitu NFC (Near Field Communication) yang mana fitur ini memberdayakan jaringan wireless jarak dekat. Untuk saat ini, NFC baru bisa digunakan dalam mode reader saja, yang artinya perangkat NFC dapat membaca RFID tag secara pasif, seperti misalkan iklan interaktif.

 Masa depan dari NFC sendiri adalah fitur yang memungkinkan komunikasi data tanpa bersentuhan, yang mungkin saja nantinya akan bisa diterapkan di bandara, sehingga para calon penumpang tak perlu mengeluarkan KTP ketika ingin boarding pass, melainkan cukup menggunakan ponselnya saja sebagai identitas. Atau bisa saja nanti digunakan sebagai metode pembayaran debit ataupun kartu kredit tanpa harus bersentuhan secara langsung, tapi hanya perlu melakukan scanning menggunakan ponsel.

Apalagi kabarnya di Android 2.3.3 ini, lebih ditingkatkan lagi akses para developernya untuk bisa meningkatkan fungsionalitas NFC, yang mana NFC sendiri pertama kalinya unjuk gigi pada Nexus S. Selain itu juga Android 2.3.3 memiliki fitur terbatas yang memungkinkan koneksi peer-to-peer dengan perangkat NFC lainnya.

Nah, tunggu apalagi? Bagi para developer Android, kini Anda sudah bisa mulai mencicipi “kelezatan si kue jahe” ini dan menghidangkannya ke publik. Kini Android 2.3.3 SDK sudah tersedia, silahkan langsung download di alamat URL:

http://developer.android.com

0 comments

Posting Komentar