| 1 comments ]

Biasanya jika kita mengirim sms dengan serentak ke suatu kelompok orang, kita akan dikenakan biaya untuk setiap pesan terkirim ke setiap anggota kelompok tersebut. Jadi jika suatu kelompok terdiri dari 10 orang, kita akan dikenakan biaya senilai 10 sms berdasarkan standar biaya kirim satu sms suatu operator telekomunikasi. Tapi bagaimana kalau kita hanya dikenakan biaya satu kali sms untuk setiap sms ke banyak orang? Jelas ini akan menghemat biaya komunikasi kita kan. Mau?

Salah satu yang nenberikan layanan ini adalah 3jam. 3jam adalah layanan group text messaging yang menawarkan usernya kemampuan untuk mengirim dan menerima sms ke dan dari suatu sekelompok orang. Sms yang dikirim ke suatu kelompok dapat dibalas oleh penerima dan balasannya juga akan diterima oleh semua anggota kelompok tersebut. Mereka tidak menarik biaya apapun dalam menggunakan layanan ini. Namun, biaya standar kirim sms dari operator kita akan berlaku. Setiap pesan yang kita kirim atau terima melalui 3jam dihitung sebagai satu sms standar meskipun pesan diterima oleh banyak orang. Prinsipnya adalah kita berkirim sms sekali ke 3jam dengan biaya Rp 500,- (biaya kirim sms internasional biasanya), 3jam kemudian mengirimkan sms kita ke semua penerima dalam suatu kelompok. Dengan maksimum jumlah anggota kelompok atau penerima 30 orang, kita telah menghemat biaya kurang lebih senilai 29 sms standar :).

Menggunakan layanan ini tidaklah sulit. Register dapat dilakukan di websitenya secara langsung. Di sana kita dapat menambah kontak, mengelola kelompok, memulai percakapan, mengirim sms dengan gratis dan lain-lain. Selain itu, fitur tersebut juga dapat dilakukan melalui aplikasi handphone 3jam yang dapat didownload atau melalui sms dari handphone kita langsung dengan mengirimkan command text ke nomor 3jam. Jadi, apabila kita ingin berkomunikasi lancar dan murah dengan sesama anggota geng untuk merencanakan pesta bujang atau bermain sepak bola, layanan ini adalah ide yang cukup baik ;).

Daftar 3jam
Cara 3jam dari Handphone

1 comments

ivank mengatakan... @ 5 Februari 2008 pukul 09.28

the good of hacker

Posting Komentar