| 0 comments ]

Mozilla dan Microsoft seakan berlomba siapa yang akan pertama merilis browser produksi berkualitas dengan grafis hardware-accelerated, tetapi pada saat ini, bisa jadi Google Chrome 9 yang berada selangkah di garis depan. 
Google kemungkinan akan mengeluarkan Chrome 9 dalam bentuk beta segera. Rencana hari Selasa akan di rilis, tapi Anthony LaForge, seorang teknisi program manager Chrome ,menekankan kembali. "Tingkat kecelakaan dari 400 crash per juta load halaman di browser terlalu tinggi," katanya dalam pesan mailing list.



Hardware accelerated bukan sesuatu yang situasional, melainkan sebuah daftar panjang,sebuah cara yang memungkinkan chip grafis dapat mempercepat kerja tingakt piksel pada layar sebuah grafic atau gambar. Diantara aspek yang dapat dipercepat: adalah SVG (Scalable Vector Graphics), grafis 2D digambarkan dengan sebuah fitur kanvas baru, seperti rendering font, decoding video dan dan dapat mengubah ukuran, format grafis, transisi, dan transformasi CSS (Cascading Style Sheets),adapun WebGL untuk grafik 3D, dan compositing berbagai elemen halaman Web seseorang ke tampilan tunggal.


Chrome sudah jatuh tempo, untuk setidaknya beberapa dari  - compositing, WebGL, dan 2D kanvas, misalnya. Namun, sangat banyak pekerjaan yang sedang berjalan pada fitur tersebut: akselerasi 2D Canvas dinonaktifkan pada Windows XP, dan fase kedua akselerasi 2D kanvas saat ini dijadwalkan untuk Chrome 11.


WebGL memiliki potensi untuk secara dramatis mengubah Web, terutama melalui permainan 3D tetapi juga kemungkinan lainnya akan tampak seperti peta online dan dunia virtual. Google, dengan produk softwarenya Chrome OS  penekanannya pada aplikasi web sebagai alternatif, didudukung sepenuhnya oleh fitur WebGL.


Chrome bergantung pada percepatan interface OpenGL untuk 2D dan grafis 3D. hal itu rumit pada Windows, di mana dukungan OpenGLrendah dan tidak stabil dibandingkan dengan teknologi saingananya Microsoft DirectX. Google sidesteps membatasinya melalui sebauh project yang disebut SUDUT yang akan menerjemahkan perintah OpenGL ke DirectX.


Meskipun demikian, ada banyak masalah. Untuk meminimalkannya, Chrome akan datang dengan daftar hitam untuk menonaktifkan fitur pada komputer yang tidak kompatibel.


Juga catatan untuk penggemar,Pengenaan Web adalah dukungan Chrome 9 untuk IndexedDB, sebuah standar pengembangan yang memungkinkan penyimpanan aplikasi Web. Itu bisa menjadi instrumen untuk mengembalikan kemampuan Google Apps 'untuk bekerja offline, merupakan persyaratan utama bagi keberhasilan Chrome OS dan filosofi komputasi awan.


Berbicara tentang aplikasi Web, Chrome 9 juga dilengkapi dengan task manager baru untuk menunjukkan apa aplikasi Web yang berjalan, termasuk aplikasi latar belakang yang terlihat invisiblsekiae.



sekian dan wassalam


0 comments

Posting Komentar