| 3 comments ]

Jika membaca sepintas judul di atas, mungkin terpikir oleh kita apakah bisa koneksi internet menggunakan wajan dan bahkan gratis? Sepertinya tidak mungkin. Tetapi kenyataannya adalah bisa apabila memenuhi syarat dan kondisi tertentu, yaitu terdapatnya Access Point (AP) atau hotspot gratis dalam radius 2-4 km dari lokasi kita. Dengan menggunakan antena wireless eksternal 2,4 GHz yang diarahkan ke AP maka kita dapat meningkatkan jarak jangkauan wireless LAN atau WiFi USB adapter kita sehingga mencapai AP atau hotspot tersebut.


Agar seperti yang diungkapkan tersebut di atas, antena eksternal yang diperlukan haruslah antena dengan gain yang lebih tinggi dari antena standard. Mengingat harga antena eksternal high gain relatif mahal, maka para WiFi-er, dengan inovasi tiada hentinya, memanfaatkan barang-barang dalam kehidupan sehari-hari yang dapat digunakan untuk membuat antena high gain berbiaya murah. Ya salah satunya adalah memanfaatkan wajan, tutup panci atau bahkan kaleng bekas sebagai salah satu bahannya sehingga dalam dunia WiFi-ers dikenal sebuah antena dengan nama Antena Wajanbolic.

Sebenarnya antena wajanbolic ini adalah peralatan komunikasi internet di sisi Client (CPE: Customer Premises Equipment) yang murah meriah. Dalam penggunaannya, antena ini harus diarahkan ke AP tanpa ada halangan yang berarti baik itu gedung maupun pohon. Sedangkan penyedia AP biasanya adalah ISP atau RT/RW-net dan hotspot. Sehingga dengan mengunakan antena wajanbolic, kita dapat menghemat instalasi awal untuk berlangganan internet wireless dan bahkan kita bisa mendapatkan akses internet gratis apabila lokasi kita berdekaan dengan hotspot tak berbayar. Selamat Mencoba :).

Tutorial membuat antena wajanbolic dapat dilihat di sini atau di sini.

3 comments

MPRO OUTDOOR PROVIDER AND EQUIPMENT mengatakan... @ 28 Mei 2008 pukul 18.34

bolrh tau caranya??

Anonim mengatakan... @ 6 Oktober 2008 pukul 22.36

mau tanya kalau mau pasang RT RW net, dimana yach..terus biaya instalasi awal sekitar berapa ?

Anonim mengatakan... @ 15 Desember 2009 pukul 17.54

kren baget infonya , makasi mas ! :)

Posting Komentar