| 1 comments ]

Kadang kita dipusingkan dengan pemakaian koneksi internet kita yang melebihi kuota volume. Atau tagihan telpon atau pulsa kita yang membengkak akibat jumlah pemakaian kilobyte yang tak terkontrol. Semua ini sering kita alami tanpa kita sadari. Beberapa tips dan trik yang dapat kita coba agar pemakaian kuota atau volume data kita lebih hemat antara lain:

  1. Mematikan fasilitas yang tidak terlalu dibutuhkan pada browser seperti gambar, pop-up and flash. Ini juga berguna untuk mempercepat waktu loading sebuah situs.
  2. Mematikan automatic update yag bekerja pada komputer seperti windows update, antivirus update dan lainnya. Sebaiknya update diatur pada waktu tertentu saja atau dilakukan secara manual.
  3. Pastikan komputer kita bebas virus, worm, trojan atau spyware karena mereka sering melakukan transfer data tanpa kita sadari.
  4. Berlangganan RSS situs favorit via feed atau email. Dengan fasilitas ini, kita dapat mengetahui update dari situs tersebut tanpa harus mengunjunginya.
  5. Hindari membuka sebuah halaman situs terlalu lama. Sebaiknya Anda menyimpan halaman tersebut agar dapat dibaca secara offline.
  6. Memakai alamat email yang berfasilitas POP3 sehingga kita dapat mengirim dan menerima email tanpa harus berkunjung ke situsnya.
  7. Hindari aktifitas yang jelas-jelas banyak memakan bandwidth seperti mendownload, melakukan update, video dan audio streaming dan sebagainya. Aktifitas ini sebaiknya dilakukan pada koneksi berbasis waktu.
Semoga bermanfaat :).

1 comments

Donnie mengatakan... @ 9 April 2008 pukul 11.48

Kasihan btul nih pemake inet di Indo, sampe hrs pusing2 nyari trik2 buat internetan.., klo di negri luar sana gak masuk kamus deh

Posting Komentar