| 1 comments ]

Telepon murah via internet atau yang lebih dikenal dengan internet telephony sudah dikenal di Indonesia sejak 10 tahun yang lalu. Dengan menggunakan teknologi Voice over Internet Protocol (VoIP), kita dapat berkomunikasi melalui jaringan internet tanpa dibatasi oleh jarak. Penggunaannya di Indonesia dimulai ketika sekitar tahun 2000 Onno W. Purbo dan rekan-rekan seperjuangannya membangun VoIP Merdeka. Sejak itulah perkembangan VoIP di Indonesia semakin luas dengan hadirnya VoIP Rakyat.

VoIP Rakyat yang berdiri tahun 2004 berkembang berkat tangan dari rekan-rekan ICT Centre Jakarta, yang dimotori oleh Anton Raharja. VoIP Rakyat menggunakan teknologi Session Initiation Protocol (SIP) yang di kembangkan oleh Internet Engineering Task Force (IETF). Konsekuensinya, VoIP Rakyat mempunyai banyak kemampuan yang lebih baik daripada VoIP Merdeka yang berbasis protokol H.323 yang di kembangkan oleh International Telecommunication Union (ITU). Dengan begitu, VoIP Rakyat menjadi bagian integral dari jaringan VoIP bebas dunia berbasis SIP yang berpusat di SIPBroker.

Dengan bermodalkan PC+headset dan koneksi internet ataupun dengan PDA ber-WiFi, kita telah dapat menikmati layanan ini. Tetapi sebelumnya kita membutuhkan nomor telepon VoIP dari salah satu sentral telepon VoIP agar tergabung di jaringan VoIP Rakyat. Nomor telepon, username dan password dapat diperoleh gratis dari VoIP Rakyat maupun berbagai sentral SIP di SIPBroker.

Dengan VoIP Rakyat, kita dapat berkomunikasi IP to IP antar sesama penguna VoIP dengan menggunakan softphone. Dalam perjalanannya, interkoneksi dengan PSTN/GSM/CDMA pun telah disediakan untuk mengakomodasi pengguna yang belum berada sepenuhnya di jaringan internet. Interkoneksi ini tersedia atas kerjasama VoIP Rakyat dengan iMaxindo. Selain itu, mereka juga memberikan beberapa layanan lainnya termasuk layanan instant messaging dengan menggunakan VoIP Rakyat Communicator.

Selain itu, dengan menggunakan nomor VoIP Rakyat, kita dapat memperoleh nomor PSTN agar dapat ditelepon dari Telkom atau seluler Indonesia. Nomor Amerika Serikat gratis dengan kode area +1 206, +1 253, +1 360, dan +1 425 dapat diperoleh dari IPKall dan nomor Inggris gratis dengan kode area +44 870 dapat diperoleh dari Gossiptel. Nomor ini adalah nomor betulan yang dikenali oleh sentral telepon Telkom dan seluler di Indonesia sehingga telepon VoIP kita dapat dihubungi langsung dari Telkom tanpa membayar satu sen pun oleh penerima telepon. Tentunya kita perlu mengoperasikan PDA atau komputer 24 jam ke internet dan terdaftar terus ke salah satu sentral telepon SIP untuk sewaktu-waktu menerima telepon.

Daftar VoIP Rakyat
Download dan Konfigurasi Softphone

1 comments

Anonim mengatakan... @ 23 Mei 2008 pukul 14.18

saya sangat tertarik dengan rubrik voip ini .saya punya hp nokia e51 bisa gak kasih tau cara setting voiprakyat di hp nokia e51?thanks sebelumnya.rubrik ini sangat menarik sekali.

Posting Komentar