| 4 comments ]

Bandwidth tidaklah gratis. Berlangganan internet dengan bandwith yang besar masih merupakan barang mewah di negara kita. Semakin besar bandwidth yang diberikan semakin mahal pula harganya sehingga jarang yang bisa memilikinya dalam jumlah banyak dan malah sering kali jauh dari kebutuhan yang sebenarnya. Maka dari itu, sangatlah disayangkan jika ada penggunaan bandwidth internet yang tidak efisien akibat sampah-sampah elektronik seperti virus, spam, adware, dan lain-lain ataupun karena ketimpangan penggunaan bandwidth diantara aplikasi-aplikasi dalam PC yang mengakses internet. Dalam lingkup yang lebih besar lagi yaitu jaringan komputer, ketimpangan penggunaan internet dapat terjadi diantara client yang mengakses internet.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan sebuah aplikasi atau software yang memungkinkan kita untuk memonitor dan membatasi pemakaian bandwidth di PC atau sebuah jaringan lokal. Program jenis ini biasanya sering disebut dengan istilah bandwidth manager atau network management software. Salah satunya yang gratis adalah Bandwidth Controller. Tool ini menyediakan fitur administrator network dengan kemampuan mengontrol aliran dan bentuk trafik, termasuk komponen otomatis untuk internet allocation & provision. Dengan tool ini, kita dapat mengatur batasan kecepatan dalam file-sharing atau peer-to-peer traffic. Memberikan prioritas tinggi pada streaming data sensitif seperti panggilan Voice over IP.

Bandwidth Controller mempunyai kemampuan untuk mengontrol semua trafik yang berjalan melalui komputer dimana tool tersebut terinstal. Mendukung 2 tipe network environments yaitu Gateway Mode and Server-Free Mode (Router or Modem). Bandwidth Controller itu sendiri terdiri dari 3 edisi yaitu:
* Bandwidth Controller Personal , untuk single user bandwidth management. (gratis)
* Bandwidth Controller Standard, untuk home and small office networks.
* Bandwidth Controller Enterprise, untuk service providers and corporate networks.

Tutorial Konfigurasi Bandwidth Controller
Download Bandwidth Controller

4 comments

Unknown mengatakan... @ 26 November 2007 pukul 11.45

minta software

wenkmohan mengatakan... @ 30 Agustus 2008 pukul 14.55

bandwidthcontroller.com

donlod aja disini kayakna gratisss

halid mengatakan... @ 21 Maret 2012 pukul 18.32

makasih gan infonya,,,

Unknown mengatakan... @ 6 Juni 2012 pukul 23.02

kita juga punya nih artikel mengenai Manajemen bandwidth, silahkan dikunjungi dan dibaca untuk menambah wawasan, berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/1108/1/50407072.pdf
trimakasih :)

Posting Komentar