| 1 comments ]

Menelepon gratis dari ponsel sekarang bukanlah hal yang musykil dan bahkan bisa dilakukan tanpa menyertakan SIM Card. Berkat kemajuan teknologi VoIP yang telah merambah ke arah mobile, kita sekarang dapat menikmati fitur VoIP di ponsel. Saat ini di Indonesia sudah beredar ponsel dan PDA yang mendukung teknologi VoIP dan telah dibekali WiFi. Perpaduan dua fitur inilah yang memungkinkan kita bisa menelepon gratis bahkan tanpa mengaktifkan SIM card. Syaratnya, pengguna harus berada di kawasan yang terkoneksi jaringan internet nirkabel WiFi (hotspot). Salah satu ponsel yang sudah mendukung fitur tersebut adalah Nokia E-series dan N80i.

Fitur ini sebenarnya sudah cukup lama melekat pada Nokia E-series seperti E61 dan E65. Nokia seri ini bisa saling mengenali dan menelepon ke sesama Nokia E-series tanpa harus mengaktifkan SIM Card. Selama dalam satu jaringan WiFi, sesama ponsel E65 bisa langsung melakukan panggilan. Hal ini dimungkinkan dengan memanfaatkan teknologi VoIP dengan Session Initiated Protocols (SIP).

Namun bagaimana jika kita sedang tidak berada dalam jaringan Wifi? Kita tetap dapat memanfaatkan fitur VoIP ini dengan menggunakan akses GPRS atau 3G yang berarti tetap mengaktifkan SIM Card dan kita akan dikenakan biaya akses internet. Namun begitu, kita tetap lebih hemat dalam berkomunikasi, khususnya pada SLJJ dan SLI. Perlu diingat bahwa penggunaan VoIP dengan menggunakan akses GPRS atau 3G tidak hanya terbatas pada Nokia E-series yang memang sudah mempunyai fitur Wifi dan aplikasi VoIP yang built-in. Dengan begitu, penggunaan pada ponsel atau PDA yang tidak mempunyai fitur tersebut memerlukan software tambahan.

Mengeset layanan VoIP di di Nokia E-series tidaklah sukar. Berikut ini panduan ringkas secara umum berdasarkan penggunaan VoIP pada Nokia E61 yang juga bisa diterapkan di semua seri E:

  1. Buka menu Tools, lalu pilih menu Settings. Diantara beberapa ikon menu yang tampak di Settings pilih ikon Connection. Di sini hanya ada beberapa submenu lagi. Tapi yang dibutuhkan hanya tiga submenu yaitu Access Points, SIP Settings, dan Internet Telephony Settings.
  2. Pada menu Access Points, klik option di kiri bawah, lalu pilih jenis sambungan Wireless LAN (WLAN). Lalu gunakan pilihan pencarian otomatis untuk mendapatkan nama sambungan WLAN yang tersedia. Klik keluar.
  3. Di menu SIP Settings, ada beberapa parameter yang harus dikonfigurasi dengan benar. Nama profil terserah Anda, namun pada opsi Service Profile pilih IETF dan pada Default Access Point isi sesuai dengan profil Access Point di point 2. Yang terpenting gunakan format nomor@serversip pada opsi Public User Name. Misalnya 23123@voiprakyat.or.id atau sip:2002@192.168.0.2.
  4. Selanjutnya pada menu Proxy Server Address ada beberapa hal yang harus dimasukkan seperti alamat IP di Proxy Server Address dan nomor telepon atau username SIP di menu Username. Selain itu Anda bisa menuliskan username Anda di menu Realm. Sedangkan di menu Password isi password yang ada di SIP Server. Anda juga harus memilih Yes pada menu Allow Loose Routing, ketikkan UDP pada menu Transport Type, dan angka 5060 pada Port.
  5. Isian serupa dengan poin 4 juga dilakukan pada bagian Registrar Server yang berisi Registrar Server Address, Realm, dan Password.
  6. Pada bagian Internet Telephony Setting, masukkan nama profil dan SIP Profile pada Profile Internet Telephony Settings
  7. Setelah itu Anda harus membuka menu Connectivity untuk tersambung ke VoIP. Lalu klik ikon Internet Telephony. Ketik nama profil Internet Telephony yang kita gunakan di parameter Preferred Profile. Lalu di parameter Registration Status pilih "When Needed". Lalu saat statu Not Registared tampak, ubah ke Registered. Jawab ya saat muncul pertanya "Create WLAN connection in offline mode", agar bisa tersambung ke jaringan WiFi. Tunggu hingga pesan "Registration with the Internet telephone service complete".
  8. Ponsel Anda siap digunakan untuk VoIP. Cukup menuliskan nomor telepon yang dituju lalu pilih opsi internet call.
Referensi Setting VoIP Manual ke VoIP Rakyat

VoIP Setting Wizard pada Nokia E-series
Apabila pusing mengeset sendiri fitur VoIP pada Nokia E-series Anda, kita dapat memanfaatkan sebuah aplikasi baru yang digunakan khusus pada ponsel seri E (seperti E90 atau E61i) yang disebut sebagai VoIP Setting Wizard, bekerja sama dengan perusahaan lokal inTouch. Aplikasi ini mempermudah pengguna ponsel Nokia E-series dalam mendaftar dan melakukan pembicaraan VoIP tanpa harus melakukan pengaturan yang diperlukan pada perangkat ponsel.

Seperti yang dikatakan oleh Mas Anton, untuk mendapatkan aplikasi ini, kita hanya perlu mengirimkan sms ke 9800 dengan mengetikkan E[spasi]VOIP. Berikut beberapa fitur dari aplikasi tersebut:
  1. Menawarkan beberapa Internet Telephony Service Provider (ITSP) termasuk VoIP Rakyat
  2. Bagi yang belum memiliki account di ITSP pilihan, dapat melakukan registrasi
  3. Bagi yang sudah memiliki account dapat memasukkan data-data account-nya
  4. Setelah selesai mengisikan data-data, maka aplikasi akan membuat internet telephony profile secara otomatis
Selamat Mencoba!

1 comments

SUPERKIT mengatakan... @ 27 November 2007 18.07

Salut buat penggagas Voip Rakyat. Ini menunjukan bahwa keajaiban teknologi, sipapun penemu dan penciptanya, adalah milik siapa saja. Tinggal penggunaanya harus membuat kita menjadi lebih produktif.

Posting Komentar