| 0 comments ]

Internet telephony atau lebih dikenal dengan VoIP merupakan alternatif yang dapat kita lakukan sebagai solusi murah berkomunikasi suara melalui internet menggunakan jasa VoIP Provider. Dengan memanfaatkan layanan ini, kita tidak hanya dapat melakukan panggilan PC ke PC, tetapi juga dari PC ke telepon standar (PSTN atau mobile). Namun kendala yang biasanya terjadi adalah kualitas suara yang diterima kurang baik akibat distorsi atau keterlambatan sinyal.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka diperlukan peralatan tambahan yang mampu melakukan Digital Signal Processing (DSP) dari suara agar dapat dikirim secara baik melalui internet. Perangkat tersebut dapat berupa PC Card VoIP atau menggunakan Analog Telephone Adaptor (ATA) sehingga tidak lagi menggunakan sound card di PC yang memang tidak dirancang untuk keperluan telepon internet. Dengan begitu, dapat mengurangi beban resource pada sistem, sehingga 'tugas' CPU pun tidak terlalu berat. Dengan adanya kemampuan DSP maka sinyal suara yang ditransmisikan melalui internet dapat dikembalikan ke asalnya tanpa cacat, tanpa echo, tanpa delay seperti yang sering kita rasakan kalau menggunakan VoIP berbasis software menggunakan sound card.

Sebenarnya fasilitas utama yang disediakan ATA adalah mengubah telepon analog untuk bisa digunakan sebagai telepon VoIP. Dengan begitu kita dapat berkomunikasi melalui internet layaknya seperti menggunakan telepon standar tanpa harus membeli IP Phone. Selain itu, beberapa produk ATA menyediakan fitur voice mail sehingga pemanggil dapat meninggalkan pesan ketika kita sedang tidak standby di depan komputer. Dengan catatan bahwa komputer kita tetap aktif dan memiliki sambungan internet 24 jam. Selain itu, ada yang mempunyai kemampuan sebagai gateway untuk terminasi ke telepon PSTN sehingga seluruh percakapan telekomunikasi bisa dialihkan menjadi percakapan VoIP yang murah seperti halnya produk Linksys SPA-3000. Misalnya, sebuah perusahaan yang memiliki perangkat SPA-3000 di Surabaya, dan perusahaan di Jakarta ingin menelepon klien yang ada di Surabaya, panggilan telepon Jakarta-Surabaya dilakukan melalui jaringan internet, dan perangkat SPA-3000 akan mampu melakukan panggilan ke nomor telepon Surabaya yang dituju. Sebaliknya, klien di Surabaya cukup melakukan panggilan ke perangkat SPA-3000 ini di Surabaya dan sambungan koneksi ke nomor PSTN Jakarta dilakukan melalui jaringan internet. Melalui perangkat SPA-3000 ini, panggilan yang dilakukan di Surabaya seolah-olah dilakukan di Jakarta karena perangkat ini terhubung dengan sambungan telepon lokal dengan nomor Jakarta.

Analog Telephone Adaptor juga dapat digunakan untuk sistem IP PBX yang bisa menghubungi sebuah sistem telepon PBX sampai dengan 16 buah unit perangkat teleponi IP seperti halnya produk Linksys SPA9000-NA. Memiliki fitur telekomunikasi suara seperti pada perangkat PBX umumnya, SPA9000-NA ini juga memiliki fitur auto attendant untuk menerima panggilan masuk melalui rekaman suara, konferensi telepon tiga arah, intercom dan lainnya.

Referensi Memilih Analog Telephone Adaptor

0 comments

Posting Komentar