| 4 comments ]

Selain menggunakan tips dan trik yang telah dikemukan pada posting sebelumnya, kita dapat menghemat biaya internet dengan menggunakan layanan bandwidth usage saver. Layanan ini dapat digunakan pada akses internet berbasis volume atau dibatasi kuota pemakaian sehingga kita dapat lebih menghemat jumlah pemakaian kb kita. Salah satu penyedia layanan ini adalah Toonel.

Toonel adalah sebuah layanan untuk menghemat bandwidth internet dengan memanfaatkan teknik tunneling yang dikombinasikan dengan data compression. Layanan ini mengkompresi paket data dari toonel client (pengguna layanan) ke salah satu server toonel dan kemudian di-forward ke host tujuan. Pengurangan ukuran resources yang ditranfer antara client dan server inilah yang memberikan efisiensi penggunanan bandwidth kita. Jika kita memakai koneksi internet berbasis volume transfer data seperti 3G, GPRS, CDMA ataupun ADSL, ini adalah salah satu solusi untuk menghemat biaya internet kita. Dengan memakai trik ini, saya hanya menghabiskan pulsa tidak lebih dari 5 ribu selama beberapa jam browsing tanpa download menggunakan koneksi GPRS IM3 di PC. Bukan hanya itu, toonel ini juga bermanfaat untuk akses internet yang mempunyai batasan download atau menggunakan koneksi narrowband seperti dial-up.

Layanan ini tidak hanya gratis lho :), tetapi juga menawarkan fitur yang tidak kalah dengan layanan bandwith saver komersial lainnya seperti OnSpeed. Toonel melakukan tunneling dan kompresi pada semua trafik data TCP/IP seperti HTTP, email, FTP dan lainnya sehingga penghematan bandwidth lebih maksimmal. Selain itu, layanan ini juga mendukung kompresi file gif dan jpeg. Toonel menawarkan sejumlah paket aplikasi client. Semuanya berbasis Java sehingga kita harus pastikan Java Runtime Environment (J2SE JRE) sudah terinstal pada platform sistem operasi kita. Tidak hanya dapat digunakan di PC, toonel client juga dapat dipakai pada mobile phone yang berbasis Symbian's Personal Java dan Windows Mobile (Java), sebagai solusi bagi sebagian kita yang menggunakan internet di PDA atau Pocket PC. Selamat mencoba :).

Download Toonel Client
Download J2SE JRE
Tutorial Instalasi Toonel

4 comments

Anonim mengatakan... @ 6 Januari 2008 pukul 15.58

gw mo tau tentang koneksi internet murah make im3 ke pc

amkhalis mengatakan... @ 9 Januari 2008 pukul 16.17

silakan cek postingan ini

Anonim mengatakan... @ 5 Februari 2008 pukul 09.32

aq dah download toolel & liat2 hompejnya.
setting proxy dah sy rubah spt yg tertulis.
terus... file .jar (yg di-dl) itu ditaruh di mana & di-apain ya?
sori, betul2 newbie nih...
makasih!

Anonim mengatakan... @ 23 Oktober 2008 pukul 23.33

klo mau hemat bandwidth & kuota, lihat HematNet.com.

saya udah coba, hasilnya memuaskan.

Posting Komentar