| 3 comments ]

Menelepon gratis dari ponsel tanpa SIM Card menggunakan teknologi VoIP secara langsung dapat dilakukan pada Nokia E-series yang memang sudah mempunyai fitur Wifi dan aplikasi VoIP built-in. Tapi bagaimana dengan ponsel sejenis atau PDA yang ingin juga menjajal VoIP secara mobile? Untuk tujuan tersebut, diperlukan aplikasi tambahan yang telah mendukung SIP Provider seperti VoIP Rakyat. Salah satunya adalah fring.

Fring adalah aplikasi mobile VoIP gratis yang memanfaatkan WiFi atau koneksi data internet melalaui GPRS atau 3G untuk dapat melakukan panggilan mobile via internet, live chat (IM) kepada sesama "fringster", layanan instant messenger seperti Skype®, Google Talk™, ICQ, MSN® Messenger dan Twitter dan juga SIP Provider secara gratis. Gratis disini adalah tanpa charge dari pihak fring dan kita tetap akan dikenakan biaya koneksi data via GPRS atau 3G. Jika ingin sepenuhnya gratis, ponsel kita haruslah mendukung WiFi dan terkoneksi di zona free WiFi :).

Dengan fring, kita dapat melakukan panggilan lokal dan internasional via mobile internet dengan murah, dapat melihat siapa yang online sebelum melakukan panggilan, live chat, chat dengan beberapa orang sekaligus, adanya history percakapan dan banyak lagi. Dan satu lagi yang menarik adalah adanya fitur auto-roam antara WiFi dan jaringan 3G tanpa kita harus melakukan apapun. Secara sederhana, ketika kita di zona WiFi, fring secara otomatis melakukan koneksi WiFi. Dan ketika kita meninggalkan zona tersebut, kita akan melakukan komunikasi melalui 3G.

Untuk mendapatkan aplikasi ini, kita perlu register terlebih dahulu di sini. Kemudian memilih tipe handset yang sesuai yaitu minimal menggunakan Symbian 8 atau 9, Windows Mobile 5 atau 6 dengan fitur 3G atau WiFi. Setelah selesai, kita akan mendapatkan sms yang berisi link untuk mendownload aplikasi tersebut. Klik link tersebut, ikuti instruksi yang ada untuk menginstal dan register dengan jaringan fring. Setelah itu kita tinggal mengkonfigurasi service yang akan kita pakai. Diantaranya ada Skype®, Google Talk™, ICQ, MSN® Messenger, Twitter dan SIP. Dengan adanya pilihan SIP, VoIP Rakyat juga dapat dikonfigurasi di fring sehingga kita dapat menikmati layanannya langsung dari ponsel kita.

Download fring
Konfigurasi VoIP Rakyat di fring

3 comments

alex mengatakan... @ 8 Maret 2008 pukul 14.17

sangat tertarik

alex mengatakan... @ 17 Maret 2008 pukul 09.06

yes boss

Arvanna mengatakan... @ 22 Agustus 2008 pukul 20.55

Halo gimana

Posting Komentar